Mengenal Android Cwm Serta Fungsi Cwm | Clockworkmod

Mengenal Android CWM serta fungsi CWM | ClockWorkMod - Dipostingan kali ini Sobat Android akan membahas ihwal CWM dan sedikit tutorialnya ihwal cara back-up menggunakan CWM, postingan ini didasarkan pada pertanyaan - pertanyaan dan request teman sobat Androiders yang berkomentar di blog ini, jadi jika ada yang mau request atau tanya tanya mampu saya jadikan postingan berikutnya apa teman tau CWM?. Mari kita simak


Android dikala ini telah berkembang begitu pesat, kepesatan ini salah satunya dipicu sebab fitur android yang open source sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi, mengedit, mengoptimalkan dan berkreatifitas dengan Androidnya, salah satu penunjang dari itu semua yaitu CWM yang mungkin tidak begitu abnormal bagi para oprekers. ClockWorkMod atau yang biasa disebut dengan CWM yaitu sebuah recovery pada perangkat Android, yang bentuk fungsi dan penerapannya hampir serupa dengan recovery default. Biasanya pada recovery default sajian yang tersedia yaitu

Menu Default Recovery Android


1. Reboot system now = Untuk reboot Android
2. Apply update from sdcard = untuk memilih zip dalam SD Card
3. Wipe data/factory reset = untuk reset data data Android
4. Wipe cache partition = untuk menghapus cache

Itulah tampilan sajian dalam recovery default, tidak seolah-olah recovery default pada recover via CWM terdapat 8 sajian pilihan yang sangat membantu teman dalam berbagai hal, 4 dari 8 pilihan tersebut yaitu tambahannya:

5. Apply Update.zip =  teman mampu root HH teman dari sini
6. back-up and restore = disinilah teman memback-up, segala data-datanya termasuk ROM default akan tersimpan dan utuh layaknya sebelum melakukan instalasi ROM saat direstore.
7. Mount and storage
8. Advanced = dipilihan ini terdapat banyak lagi pilihan yang tersedia, salah satunya partisi SD Card.
Fungsi CWM

Dalam fitur fiturnya, CWM sangat amat berguna, kegunaannya ini terletak pada proses instalasinya yang lebih banyak dibanding dengan recovery pada umumnya, beberapa kegunaan dan fungsinya dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

Nanroid Back Up dan Restore
Merukapan sebuah option atau fitur yang memungkinkan pengguna untuk memback up ataupun restore keseleruhan system ROM, biasanya opsi ini digunakan untuk orang orang yang mau melakukan flashing.

Partisi SD Card
Partisi yaitu proses pembentukan ruang ruang tertentu pada SD Card, simplenya partisi itu seolah-olah membagikan ruang penyimpanan sehingga mampu mempunyai kegunaan dalam pengoptimalan dan pemberdayaan Android itu sendiri, partisi mampu dilakukan dengan komputer, namun pada CWM, terdapat fitur dimana kita mampu mempartisinya.

Instal ROM
Fitur yang satu ini sangat mempunyai kegunaan bagi teman yang suka mengganti ganti tampilan, system atau lainnya, serta biasanya juga fitur ini dialami oleh pengguna pengguna Android yang mengalami bootlop, sebenarnya dalam recovery default, fitur instalasi ini juga tersedia, akan tetapi instalasi lewat ROM biasanya lebih aman, cepat dan resikonya tidak besar.

Back Up And Restore

Apa sebenarnya arti back up itu sendiri?, back up yaitu suatu aktifitas menyimpan data yang bertujuan menjaga data. Biasanya back-up yang dilakukan pada Android dilakukan di CWM, walaupun ada juga sebenarnya cara back up melalui media lain. Kenapa banyak user Android termasuk saya back up melalui CWM?. Salah satu keuntungannya yaitu jika kita back up melalui CWM, maka seluruh data yang tersimpan akan tersimpan 100%, jadi jika teman merestore data teman maka tidak ada satupun data-data yang hilang. Semuanya terlihat utuh. Back Up melalui CWM biasanya disebut dengan Nanroid Back up. Untuk cara back up dan restorenya, saya tidak akan menjelaskannya karna menurut saya anak SD juga bisa, jadi cukup memilih opsi back up dan restore ini .

Jika teman punya SD Card yang kelasnya kurang dari 6, saya sarankan teman untuk mengurangi SD Card teman sampai minimal 25%., sebab jika teman menggunakan SD Card dengan kelas 6 kebawah, proses back-up ataupun akan berjalan lama bahkan gagal.

Sekian Postingan dari , silahkan berikan masukan atau beberapa aksesori jika sekiranya apa yang salah tulis yaitu suatu kesalahan. Sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Sumber http://androsobat.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Android Cwm Serta Fungsi Cwm | Clockworkmod"

Posting Komentar